Kamis, 15 Mei 2014

Cara Memilih Whitening Yang Aman

Produk pemutih atau whitening yang berbahaya ternyata merambah pasar kecantikan secara luas. Perlu kejelian agar kita tidak salah pilih dan bisa memilih dengan benar pemutih atau whitening yang aman

1. Rasional

Tetapkan tujuan penggunaan produk dengan rasional. Kulit perempuan Indonesia umumnya sawo matang, tak perlu mengubah kulit eksotik asia kita menjadi putih seperti milik perempuan-perempuan Eropa misalnya.

Target maksimal yang bisa dicapai dengan aman adalah warna kulit cerah, maksimal sama dengan warna kulit tubuh kita yang paling jarang terpapar matahari.

2. Jangan jadi Korban Iklan

" Banyak kok, whitening yang membuat kulit benar-benar putih", mungkin demikian yang ada di pikiran banyak orang. Lihat saja iklan-iklan di Onlineshop produk pemutih, yang produknya laris manis bak kacang goreng. Jika Anda pernah memperhatikan foto before dan after dari iklan tersebut,boleh jadi sebagian tampak sangat " wow".Namun jika dilihat lebih jeli, justru foto before after tersebut sangat janggal.

3. Kemasan itu penting !

Pepatah Don't judge a book by it's cover, rupanya tidak berlaku dalam memilih produk kosmetik. Produk yang baik, mestinya memiliki packaging yang baik pula, minimal mencantumkan beberapa informasi penting pada kemasan misalnya: Nama Produsen, Ingredient, cara penggunaan, dsb.
Defy dan Te Poema adalah produk kosmetik yang aman dan terjamin

4. Kenali Krim Anda

Produk whitening yang mengandung bahan kimia berbahaya, misalnya mercury biasanya dapat dikenali dari beberapa ciri fisiknya. Di Indonesia marak beredar krim yang disebut krim putih - kuning, ada yang memanggilnya dengan sebutan krim gaje (gak jelas), Krim gajebo, krim abal-abal dan sebagainya.

Biasanya krim tersebut berwarna kuning untuk krim siang,putih untuk krim malam. Warna kuningnya beraneka ragam, dari yang kuning muda, cenderung peach, hingga kuning mencolok nan gonjreng. Krim biasanya lengket dan kurang homogendan bila digosokkan ke tangan terasa panas dan gatal. Namun sekali lagi, ciri di atas hanya ciri umum, belum tentu yang memiliki ciri di atas adalah krim berbahaya.

5. Kenali Efek Jangka Pendek, menengah dan Jangka Panjang
Banyak pengakuan pengguna produk whitening berbahaya yang disharing di forum-forum diskusi di situs jejaring sosial intinya sebagai berikut:

* Rasa panas, perih, kulit merah dan mengelupas pada awal penggunaan
* Kulit putih dalam waktu singkat, adalam 2 minggu hingga satu bulan, kulit yang tadinya sawo matang berubah menjadi putih
* Biasanya tampilan kulit yang "bagus" didapat pada 2-3 bulan penggunaan. Bagus disini menurut persepsi sebagian orang, merujuk pada tampilan kulit putih pucat, halus tanpa jerawat dan nyaris tak terlihat ada pori.Yang dipersepsikan "bagus" dan "cantik" bagi sebagian orang itu justru "mengerikan " bagi sebagian yang lain, bahkan ad yang menyebut putihnya sebagai "putih mayat".
*setelah pemakaian berbulan-bulan (bahkan satu atau dua tahun) biasanya mulai muncul masalah, yang sangat sering adalah flek hitam.
*Jika pemakaian dihentikan, umumnya kulit wajah akan breakout.rusak habis-habisan, mulai yang berjerawat batu dan amat banyak hingga flek hitam yang susah dihilangkan. bahkan ada yang wajahnya merah dan bengkak. Jika sudah begini, perlu perawatan dokter yang menghabiskan biaya mahal tentunya.
*Kasus-kasus keguguran dengan janin yang rusak, sering pula dibicarakan.Hal ini terjadipada Bumil yang menggunakan whitening berbahaya dalam jangka waktulama.

6. Hati-hati terhadap produk ilegal

Beberapa penjual memalsukan merek-merek tertentu untuk mendapatkan keuntungan. Maka dari itu anda harus berhati-hati dalam memilih, salah satu tips yang bisa anda terapkan adalah dengan melihat labelnya. Di sana akan terlihat izin edar, nama produk, komposisi serta alamat lengkap dari produsennya.

Pastikan anda juga membeli di toko terpercaya. Selain itu cek juga situs resmi cream pemutih wajah tersebut agar anda yakin bahwa produk tersebut asli.

7. Hindari pemutih instan

Jika anda ingin memilih cream pemutih wajah yang aman maka sebaiknya hindarilah produk yang menawarkan hasil yang instan. Pilih produk yang bisa memutihkan wajah anda secara bertahap.

8. Kenali jenis kulit wajah anda

Selain berhati-hati dalam memilih produk pemutih wajah, anda juga perlu memperhatikan jenis kulit anda. Sebelum anda memilih cream pemutih wajah yang aman sebaiknya anda paham tentang jenis kulit anda karena meskipun anda memilih produk yang aman tetapi jika produk tersebut tidak cocok dengan kulit anda maka kemungkinan akan berdampak buruk terhadap kulit wajah.
Defy kosmetik yang aman bagi kulit kita 

9. Perhatikan pola pemakaian

Di samping melakukan pemilihan produk yang aman serta cocok untuk kulit anda, anda juga perlu memperhatikan pola pemakaiannya. Bersihkan wajah anda sebelum memakan cream. Jika wajah anda masih kotor cream tidak akan bekerja secara efektif.

Selain itu jangan gonta ganti cream pemutih wajah hanya karena tergiur oleh harga murah, hal ini akan mempengaruhi kondisi kulit wajah anda sehingga menjadi mudah alergi serta dapat menyebabkan iritasi.

Demikian tips di dalam memilih whitening yang aman. Keputusan akhir tergantung Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar